Powered By Blogger

Sabtu, 08 Januari 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Menurut kamus umum bahasa indonesia, Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada) ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan Kasih perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir sama, walaupun cinta kasih mengandung arti hampor sama, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian dalamnya, sedangkan Kasih lebih keluarnya.


Cinta peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga, dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab, cinta jga pengikat yang kokoh antara manusia dan Tuhannya sehingga manusia menjalankan perintahnya dengan ikhlas.


Menurut Dr Sarlito W. Sarwono mengatakan bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu:  keterkaitan, keintiman, kemesraan.
1. Keterkaitan yaitu perasaan hanya ingin bersama dia, semua sesuatu kita periotiskan untuknya
2. Keintiman yaitu kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada lagi jarak
3. Kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai dan di belai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan untuk mengungkapkan rasa sayang dan segala perbuatan yang dapat mewujudkan rasa yang kita rasakan.


Cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada ALLAH, RASULULLAH dan berjihad di jalan ALLAH Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami, dan kerabat. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.
Hikmah Cinta sangat besar, hanya orang yang telah di beri kefahaman dan kecerdasan oleh ALLAH sajalah yang mampu merenungkannya. Di antara hikmah-hikmah tersebut.
1. Sesungguhnya cinta itu adalalah merupakanujian yang berat dan pahit dalam kehidupan manusia, karena setiap cinta akan mengalami berbagi macam rintangan, dan rintangan tersebut dapat mengukur apakah cinta yang di dapatkan dengan cara mulia atau dengan cara rendah dan hina.
2. Bahwa fenomena cinta yang telah melekat di dalam jiwa manusia yang merupakan pendorong dan pembangkit yang paling besar di dalam melestarikan kehidupan lingkungan, kalau bukan karena fenomena cinta  tak akan pernah ada gerakan, kreasi, apresiasi di dunia ini. Juga tak akan pernah ada pembangunan  dan kemajuan
3. Fenomena cinta merupakan pengikat yang paling kuat di dalam hubungan antar anggota keluarga, kerukunan bermasyarakat, mengasihi sesama mahkluk hidup, menegakkan keamanan, ketentraman dan keselamatan.


Cinta merupakan benih dari segala kasih sayang yang tumbuh dari keluarga, saudara, teman, dan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar